Selasa, 02 Februari 2010

MUATAN BK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAUD

MUATAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Disampaikan oleh : Taufiq, S. Pd. I

Dalam Pelatihan Pendidik Anak Usia Dini 29 Desember 2009

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu “BINTANG BELIA”

Bimbingan dan Konseling dalam pendidikan memiliki tujuan yang sangat signifikan yaitu ”Memandirikan Dan Membahagiakan” peserta didik, agar dalam kehidupan mendatang anak dapat dengan mandiri dan bertanggung jawab terhadap kehidupan yang telah menjadi konsep idup mereka, dengan demikian mereka akan dapat leluasa mengekspresikan hidup dengan penuh bertanggung jawab dan akan menuai keberhasilan yang membuat mereka dan orang yang berada disekitarnya akan ikut merasakan kebahagiaan dalam memperoleh keberhasialan. Dan ketika mengalami suatu kegagalan dengan kemandirian ia tidak mudah patah arang, ia kan menjadi orang-orang yang tegar dan realistis bahwa dalam kehidupan pasti ada kegagalan dan keberhasialan yang harus diterima dengan sepenuhnya sebagai warna dari kehidupan yang lebih indah penuh dengan wara.

Berikut ini tentang Pendidikan Akan Usia Dini menjadi salah satu trend sabagai salah satu sarana untuk mengadakan bimbingan dan konseling secara mneyeluruh untuk mengetahui potensi anak agar anak dapat diketahui lebih dini potensi anak untuk membantu dan mengarahkan anak pada perilaku yang mandiri dan menuju kepada sikap bertanggung jawab terhadap pilihan-pilihan anak tentang pilihan masa depan masing-masing.

Pada kesempatan ini disampaikan beberapa contoh tentang muatan Bimbingan dalam konsep bermain dalam sentra sebagai berikut :

A. Kegiatan Pijakan Lingkungan Main

Pada sentra, alam cair , guru menyiapkan alat main yang digunakan sejumlah 8 kegiatan yang disediakan : (1) membuat minyak dari daun (2) kegiatan bersih-bersih; (3) cuci piring; (4) cuci baju; (5) memasukkan air ke botol; (6) mencetak kue dengan playdoug; (7) main pasir basah; (8) menggambar dengan spidol. Guru menyiapkan alat dan bahan main yang akan digunakan dan menatanya sejumlah anak dan rencana pembelajaran

Sentra bermain peran, dengan tema tentang pekerjaan/profesi, guru memperkenalkan pekerjaan yang pernah dilihat anak. Guru menyiapkan buku cerita, alat yang digunakan untuk profesi polisi, dokter, koki, dan alat pendukung berupa : baju, boneka, alat dapur, obat buatan juga setting tempat seperti di tempat praktek dokter, dan di jalan raya .


Gambar 1 Sentra Main Peran

Sentra balok, guru menyiapkan 8 main untuk permainan, yaitu: (1) menjahit; (2) memasang angka; (3) membuat gambar; (3) meronce; (4) memindahkan biji-bijian; (5) bermain terjun; (6) puzzle; (7) menghubungkan titik-titik dan (8) mengelompokkan warna


Gambar 2 Sentra Main Balok

Gambar 3 APE Semua Sentra

Muatan bimbingan dan konseling dalam pembelajaran ini adalah menanamkan nilai-nilai keagamaan yaitu menghargai dan mencintai alam, memberi kesempatan anak untuk berekspresi apa yang telah dilakukan, perlakuan sikap yang positif dan wajar terhadap siswa, dan adanya perlakuan terhadap siswa secara hangat, ramah, rendah, menyenangkan, dalam penyesuaian diri.

B. Sentra Alam Cair

Kegiatan di sentra bahan alam cair penjelasan guru tentang kegiatan main yang dapat dilakukan anak (pijakan sebelum main), kegiatan ini berlangsung sekitar 10 menit. Pijakan sebelum main, guru dan anak-anak duduk melingkar, guru memberi salam pada anak-anak.

Kegiatan guru menyampaikan tema, membacakan cerita terkait dengan tema disertai tanya jawab dengan anak-anak Bertanya menyanyi lagu-lagu yang berhubungan dengan tema.

Muatan bimbingan dan konseling dalam pembelajaran ini adalah menanamkan nilai-nilai keagamaan cinta alam dan tanah air, memberi kesempatan anak untuk berekspresi apa yang telah dilakukan, adanya perlakuan terhadap siswa yang memiliki potensi untuk berkembang dan maju serta mempu mengarahkan dirinya sendiri untuk mandiri, sikap yang positif dan penyesuaian diri terhadap keadaan.

C. Sentra Main Peran

Kegiatan berlatih main peran sebagai persiapan untuk anak tampil di acara pentas seni yaitu memerankan tokoh dengan memakai asesoris pendukung permainan. Guru menyampaikan tema dan tanya jawab tentang tema. Guru memperkenalkan alat-alat main yang disediakan.

Muatan bimbingan dan konseling dalam pembelajaran ini adalah memberi kesempatan anak untuk berekspresi apa yang telah dilakukan, memberi perlakuan terhadap siswa yang memiliki potensi supaya berkembang dan mempu mengarahkan dirinya untuk mandiri dalam penyesuaian diri.

D. Sentra balok

Kegiatan main sentra balok kegiatan diawali guru memberi salam dan menanyakan anak yang tidak masuk, dilanjutkan menyanyi dan memberi penjelasan tentang tema serta tanya jawab tentang tema.

Guru bertanya pada anak-anak secara bergiliran untuk membaca kosa kata, guru mengajarkan tentang konsep bentuk geometri (persegipanjang, segitiga), guru bertanya kepada anak tentang bangunan yang mengingatkan aturan saat bermain balok. Sebelum mulai bermain, anak­-anak diminta untuk menjawab pertanyaan.

E. Sentra Persiapan

Pada sentra persiapan duduk melingkar, kegiatan diawali menyebutkan anak satu persatu. Setelah itu guru menanyakan kabar anak-anak secara bergiliran dalam berbagai bahasa, menghitung jumlah anak yang masuk, berhitung jumlah anak perempuan dan anak laki-laki dan mengeja beberapa nama anak, dan dilanjutkan membahas tentang tema.

Guru bertanya kepada anak, tentang tema main bagi anak yang sudah menjawab pertanyaan diperbolehkan memilih tempat dan teman main, sampai semua anak mendapatkan giliran, guru selalu memberikan pengertian bahwa bermain secara bergantian, sehingga anak tidak saling berebut tempat main.

0 komentar:

Posting Komentar